PENYAKIT LANGKA


Gadis kecil bermuka serigala


gadis ini bernama Supatra Sasuphan dya sudah kebal dengan sapaan 'wajah monyet' atau 'gadis serigala'. Gadis 11 tahun asal Thailand ini tak lagi hirau dengan rambut lebat yang menutupi hampir seluruh permukaan wajahnya, kecuali mata dan area mulut. Dya tidak sama sekali merasa risih atas bulu - bulu yg numbuh di seluruh tubuhnya. walupun orang orang di seklilingnya sering mengejek dya dengan sebutan muka serigala/uka monyet. Walaupun begitu dya sangat percaya diri dengan keadaan seperti itu apalagi ketika Guinness World Record mencatat namanya sebagai gadis pemilik rambut terbanyak di dunia, 2010. Predikat ini sukses menghapus ejekan orang di sekelilingnya. Gadis ini mengalami kelainan sejak lahir yang disebut dengan sindroma ambras. Yaitu penyakit berupa bawaan akibat mutasi kromoson. penyakit ini kurang lebih menimpa 50 orang di dunia
Namun akibat penyakit itu sapatra ketika masih kecil dya sempat masuk ingkubator karena susah bernafas . Lubang hidung sapatra hanya satu milimeter dan dya masuk ingkubator selama tiga bulan dan menjalani operasi pembesaran lubang hidung.namun buka hanya itu saja semakin banyak rambut yang tumbuh di daerah mukanya semakin menimbulkan masalah pada penglihatanya. sehingga dya sulit melihat. karena rambutnya terlalu panjang.
Sapatra dan keluarga berusaha menghilangkan rambut - rambut yang ada di tubuh sapatra dengan cara mencukur, dengan laser dan berbagai macam cara yang dilakukan tetapi tetap tidak bisa menghilangkan rambut itu. semakin lama pertumbuhan rambut itu tak terkendali dan semakin banyak dan memanjang. Dokter pun belum bisa menyembuhkan penyakit ini ataupu memberi penawarnya.
Akhirnya sapatra bisa melewati masa kritis dan dya tumbuh sehat. sapatra juga sangat menyukai menari, menonton kartun, dan mendengarkan musik. Dya juga memiliki cita-cita yang tidak kalah dari anak sebayanya. dya pun sangat percaya diri seperti anak- anak yang lainnya :).

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar