sistem informasi SDM

ž LATAR BELAKANG …

setiap perusaaan memiliki sistem untuk mengumpulkan dan memelihara data yang menjelaskan sumber daya manusia mengubah data menjadi informasi.

Merupakan sebuah bentuk interaksi/pertemuan antara bidang ilmu manajemen SDM dan teknologi informasi.

sistem ini menggabungkan MSDM sebagai suatu disiplin yang utamanya dalam bidang teknologi informasi seperti aktifitas perencanaan dan menyusun sistem pemprosesan data yang terangkum dalam perencanaan sumber daya perusahaan/enterprise resource planning (ERP).

sistem ERP bertujuan mengintergrasikan informasi yang di peroleh dari aplikasi yang berbeda yang bersifat universal.

PROSES PERENCANAAN SDM :

  1. Proses pembentukan data rekapitulasi untuk analisa dan simulasi, dimana pada prinsipnya akan diolah dari data administrasi yang dimiliki untuk mendapatkan gambaran kekuatan SDM saat ini, dan juga dari segi availabilitas SDM tersebut.

2. Proses pengadaan sumber daya manusia/recruitment, dimana pada prinsipnya hampir sama

seperti pada pengumpulan Biodata, tapi dalam ruang lingkup informasi yang lebih kecil dan diikuti oleh cara penilaian/kriteria penerimaan.

3. Proses alokasi/realokasi sumber daya manusia atau redeployment, yang mana dengan

menggunakan data administrasi yang ada, dapat dianalisa informasi kebutuhan penempatan atau realokasi seorang personel ketempat yang lebih tepat.

KARAKTERISTIK SDM :

  1. Timely (tepat waktu)
  2. Accurate (akurat)
  3. Concise (ringkas)
  4. Relevant (relevan)
  5. Complate (lengkap)

MODEL SISTEM INFORMASI MELIPUTI 2 :

Ø Meliputi tiga subsistem input

1. SIA (sistem informasi akuntansi)

2. Riset sumber daya manusia

3. Inteligen sumber daya manusia

Ø Meliputi enam subsistem output

1. Subsistem perencanaan kerja

2. Subsistem perekrutan

3. Subsistem manajemen angkatan kerja

4. Subsistem tunjangan

5. Subsistem benefit

6. Subsistem pelapor lingkungan

KESIMPULAN ..

Sebagaimana dibutuhkan, selain pemilihan kriteria secara langsung, tetapi tersedia juga fasilitas untuk mencetak bentuk laporan yang berhubungan dengan informasi yang dimiliki, seperti laporan biodata dan juga rekapitulasi laporan yang pernah disinggung diatas. Disamping itu untuk kriteria dari laporan yang berubah-ubah sesuai dengan kebutuhan pemakai, pemakai dapat menggunakan fasilitas khusus untuk dapat menghubungkan basis data yang ada dengan alat bantu yang umum digunakan pemakai, seperti EXCEL, LOTUS, dll. Sehingga pemakai dapat mengambil fasilitas data dan membentuk laporan sesuai dengan yang diinginkannya, dan fasilitas yang dikuasainya.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar