bahaya lapisan ozon yg menipis

Lapisan ozon pada musim penghujan lebih tipis dibandingkan pada musim kemarau. Sehingga kemungkinan terganggunya kesehatan akan semakin besar. lapisan ozon di indonesia masih terbilang normal.
"Dari data terlihat, pada bulan September lapisan ozon lebih tinggi dibanding bulan lainnya. sementara yang terrendah biasanya terjadi pada bulan Januari.di karenakan pada bulan januari adalah tinggkat kemarau lebih bsar sehingga , lapisan ozon pada bulan ini semakin menipis.
Angka penurunan tersebut jauh lebih kecil dibandingkan penurunan di dunia atau secara global yaitu sebesar 4 persen per dekade.
Sementara batas nilai ozon yang sudah dikategorikan tidak aman yaitu berkisar di bawah 220 DU. Pada ambang batas tersebut dapat menyebabkan gangguan kesehatan seperti gangguan kulit, mata dan lainnya.
"Karena sinar UV yang masuk lebih banyak," jelasnya. Namun karena di Indonesia masih dalam batas normal, pengaruh terhadap kesehatan tersebut sangat kecil.
Penyebab tipisnya lapisan ozon antara lain adanya penggunaan CFC (Cloro Floro carbon)
yang terdapat pada AC dan lemari es. Namun kini penggunaan CFC tersebut sudah dibatasi.namun bukan hanya cfc yg enyebabkan lapisan ozon menipis namun , rumah kaca , asap kenalpot dan asap pabrik pun bisa membuat lapisan ozon semakin menipis. karna itu kita seharusnya mengurangi semua polusi yang ada. agar lapisan ozon tersebut berkurang .

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar