SEPEDA FIXIE



Sepeda fixie atau doltrap mempunyai gaya minimalis, murah dan tidak ribet. Jenis seperti ini sedang digandrungi oleh kalangan muda dan pekerja karena tampilannya yang eye catching. Sehingga trend ini menjadi sebuah gaya hidup dan tidak hanya sebagai alat transportasi. Sepeda fixie tidak memiliki rem, tanpa gear dinamis, semua dibuat fix, membuat pedal selalu berputar mengukuti ban yang berputar. Memiliki sepeda ini tidak terlalu sulit, banyak komponen yang dapat dikombinasikan dengan sepeda balap, hanya sepeda fixie lebih sederhana.

Gaya sepeda ini mengikuti selera sesuai apa yang diinginkan. Komponennya sekarang sudah banyak dan murah, ingin mengganti ban dengan warna biru atau merah juga bisa. Sehingga sepeda yang dimiliki menarik perhatian orang lain. Urusan frame (batangan), bila membeli frame jenis rakitan lebih seru. Velg Fixie memiliki aneka model walaupun bentuknya sama bundar, tetapi ada beberapa velg yang dibuat lebih tebal. Untuk urusan warnanya agar lebih menarik pun juga bisa, berbagai warna sudah banyak di toko khusus sepeda. Dan untuk stang atau handlebar sepeda Fixie juga unik, dibuat lebih pendek sehingga dapat menyelinap diantara kemacetan kendaraan.

Bagaimana memiliki, membangun atau membuat sepeda Fixie? Pertanyaan seperti ini banyak ditanyakan oleh para pemula yang ingin memilikinya. Ada dua cara memiliki dan membangun sepeda fixie.

Jika Beli jadi

Pilihan pertama ini baik untuk mereka yang belum memiliki rangka sepeda atau tidak mau repot. Harga relatif lebih mahal dan komponen umumnya lebih bermutu. Harga sepeda Fixie untuk minimum dengan komponen seadanya dapat mencapai Rp 1,5 juta. Harga sepeda Fixie yang cukup lumayan sekitar Rp 2,5 juta atau lebih. Sedangkan harga sepeda Fixie rakitan tipe generik dengan komponen cukup baik mencapai Rp 3,5 juta keatas. Tipe sepeda fixie bermerek umumnya berada di atas Rp 4 juta, tergantung komponennya.

Merakit atau modifikasi dari sepeda bekas.

Pilihan yang kedua ini lebih repot, tetapi ketika jadi akan memenuhi hati bagi pemiliknya. Beli dari rangka kosong sudah banyak dijual atau dapat memilih rangka polos dan dicat sendiri.
Bisa juga mengunakan
frame sepeda balap lama. Komponen dari roda dilepas dan diganti dengan komponen sepeda Fixie yang simpel. Untuk ukuran frame sepeda balap tua umumnya masih bisa dipakai, rata rata sepeda Fixie dirancang untuk ban 700C. Jadi bisa saja sepeda jenis road bike lama memasukan jenis 700c yang lebih kecil. Kalau ingin meninggalkan sejarah pada sepeda, bisa juga mempertahankan bagian stang road bike dan sisanya dimodifikasi.

Sepeda Fixie ini memang unik, beratnya rata-rata tidak lebih dari 11 kg, bahkan ada yang jauh lebih ringan. Sepeda ini bisa maju atau mundur saat digowes karena umumnya menggunakan gigi belakang tipe fix gear atau gear tetap. Dari dua alternatif cara tersebut diharapkan semakin membuat masyarakat dapat beralih memakai sepeda dan dapat mengurangi polusi yang dikeluarkan kendaraan bermotor.


  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar